Monday, September 28, 2009

Asupan Tambahan Plus buat Merpati Tinggian



Gb. Asupan tambahan plus :
* Kacang tanah
* kacang hijau
* Beras merah
* Beras Krosok
* Vitamin B Kompleks
* Vitamin A
* Vitamin c
* Madu alami( kok tertinggal)


MERPATI TINGGIAN memerlukan asupan pakan yang cukup kandungan gizinya dan tepat waktu agar menjadi merpati tinggian prima dan lebih unggul dibandingkan dengan merpati yang lain. Mulai megeram telur setelah pengambilan telur hingga masa latihan dan atau balapan sesungguhnya diarena, ada lima kandungan gizi yang harus terpenuhi dalam ramuan pakannya agar pembalap menjadi merpati tinggian balap yang lebih unggul.

Ke 5 gizi tersebut adalah :

1. Karbohidrat.

Karbohidrat merupakan sumber energy utama untuk metabolisme dan aktivitas lainnya seperti terbang, kawin dll. Karbohidrat banyak terdapat pada beras krosok, beras merah , ketan dan Ketan hitam yang belum hilang kulit arinya. Jenis karbohidrat yang mudah dicerna merpati tinggian adalah amilum. Amilum pada beras krosok dan beras merah memiliki rantai polimer yang lurus, sedangkan ketan dan ketan hitam memiliki rantai polimer yang bercabang, rantai polimer yang bercabang memerlukan banyak air ( minum) untuk mencernanya. Karbohidrat diolah oleh tubuh menjadi glukosa dan beredar dalam darah. Glukosa yang masuk ke sel-sel tubuh akan dirubah menjadi energy yang digunakan untuk terbang dan aktivitas lainnya.

2. Protein.

Protein digunakan untuk tumbuh dan berkembang serta pemeliharaan dan perbaikan ( repair dan maintenance ) sel – sel tubuh merpati tinggian , setiap hari ada saja sel-sel tubuh yang mati dan protein berfungsi untuk mengganti sel- sel yang mati menjadi sel- sel baru yang lebih baik lagi. Kacang-kacangan terutama kacang hijau banyak mengandung kadar protein yang tinggi.

3. Lemak

Lemak yang terdapat dalam tubuh merpati tionggian digunakan sebagai penahan panas (isolator) agar suhu tubuh bisa stabil, lemak juga berfungsi sebagai pelapis atau penahan organ tubuh terhadap benturan dari luar. Lemak juga bisa berfungsi sebagai cadangan sumber energy bagi tubuh merpati tinggian apabila cadangan karbohidrat dalam tubuh merpati tinggian sudah menipis. Lemak juga digunakan untuk membentuk hormon sexualitas dan hormone –hormon lainya yang diperlukan oleh tubuh merpati tinngi. Jagung adalah biji-bijian yang banyak mengandung lemak, utamanya jagung kecil atau biasa disebut Jagung Madura.


4. Vitamin.

Vitamin
berfungsi sebagai katalisator ( perantara ) proses metabolisme dalam tubuh. Ada dua kelompok vitamin yaitu vitamin yang larut dalam air seperti vitamin C dan sebagian besar vitamin B dan vitamin yang larut dalan lemak yaitu vitamin A, D, E dan K. Vitamin banyak erdapat dalam buah – buahan tetapi sedikit terdapat dalam biji-bijian. Oleh karena itu merpati tinggian masih memerlukan tambahan asupan vitamin dari luar, seperti Vitamin A dan Vitamin B Kompleks, vit. C serta vitamin D dan E.

5. Mineral

Mineral diperlkan tubuh sprinter untuk metabolisme, kerja otot dan proses impuls saraf. Mineral terutama Ca ( Kalsium ) sangat penting dalam pembetukan tulang dan reflex otot-otot sprinter, dan untuk betina unsur Ca bisa membuat kerabang telur menjadi lebih tebal dan kuat.
Kalsium banyak terdapat pada , tulang ikan, kapur, rumah siput, cangkang kepiting dan kerabang telur.
Penyajian sederhana untuk sprinter cangkang kepiting atau kerabang telur ditaruh diatas seng kemudian dipanaskan diatas bara api agar bakteri atau telur cacing yang menempel mati dan cangkang kepiting atau kerabang telur mudah ditumbuk, ditumbuk dan
ditaruh terpisah dengan pakan sebagai asinan bagi merpati tinggian dan pasangannya.

TABEL KANDUNGAN GIZI PAKAN :





No.

Jenis Pakan

Karbohidrat

Protein

Lemak

Serat

lain-2

Total

1

Beras Merah

76

7

2

5

10

100%

2

Beras

90

2

2

0.5

5.5

100%

3

Beras Krosok

85

5

2

7

1

100%

4

Gabah

65

7

2

10

16

100%

5

Jagung

70

10

4

3

13

100%

6

Kacang Hijau

60

22

3

6

9

100%

7

Kedelai

53

32

10

3

2

100%

Tabel diatas diambil dari berbagai sumber dan perkiraan penulis

Pada saat mengeram merpati tinggi tidak banyak melakukan aktivitas, tetapi secara alami merpati mengeluarkan energy yang cukup besar untuk membentuk panas yang cukup tinggi guna membentuk regenerasinya hingga merpati banyak kehilangan energy dan lemak, Oleh karena itu perlu diatur pemberian pakan disesuaikan dengan waktu dan kondisi merpati tinggian. Pemberian pakan sebaiknya diatur menjadi tiga atau empat pemberian pakan yang berbeda.

Separo waktu pengeraman I (1-3 hari) diberikan pakan yang banyak mengandung karbohidrat dan lemak ( beras krosok +beras merah + sedikit kedelai ) dan menjelang diambil telurnya pakan yang diberikan harus banyak mengandung lemak dan protein tetapi sedikit karbohidrat, yaitu kacang hijau dan kedelai.

Setelah telur diambil ( telur diambil hari Sabtu sore) merpati tinggi perlu ditingkatkan kondisi fisik dan birahinya, maka pakan tambahan yang diberikan yang banyak mengandung protein dan lemak yaitu kacang hijau dan kedelai plus vitamin A, B kompleks dan D ( Vit. D untuk menyehatkan bulu) cukup sekali, pakan yang banyak mengandung protein dan lemak ini dipertahanan s.d hari selasa.

Untuk merpati tinggi yang mulai giring, dilatih atau dilombakan diberi pakan yang berenergy tinggi ( banyak mengandung Karbohidrat & sedikit lemak nabati) seperti beras krosok, jagung + kacang2-an ( banyak protein dan lemak nabati ), sedikit gabah yang mengandung serat kasar 10% berfungsi agar kotorannya padat. plus tambahan asupan vitamin A untuk mempertajam penglihatan dan vitamin B kompleks untuk meningkatkan daya tahan tubuh, memperkuat otot dan syarat, dan menambah nafsu makan serta mempertahankan jumlah sel darah merah. Perhatikan table dibawah.


Tabel Pengaturan Asupan Bagi Merpati Sprint Prima :

Keterangan

Pengaturan Asupan Pakan

Pertama

Kedua

Ketiga

Keadaan Sprinter

Awal Ngeram

H -1 s.d H+3 ambil telur

Keket/Giring

Asupan

Beras Krosok + Beras Merah + Kedelai + Vit. B

Kedelai + Kacang Hijau + Vit B Kmpleks+ Vit E

Jagung, Beras Krosok + sedikit Gabah + Vit A & B Kompleks

Kandungan Gizi

Banyak Karbohidrat dan Lemak

Banyak Protein

Banyak Karbohidrat + Serat

Tujuan

Pemulihan dan Menjaga Fisik

Pembentukan otot dan meningkatkan birahi

Menambah Energi dan Power

Untuk betinanya saat giring dberikan pakan yang berbeda dengan merpati tinggi jantan.

Salam untuk meciptakan merpati tinggian yang prima dan sukses mulia selalu

Seelo & Nuralam
0888-2499640

No comments:

Post a Comment